BUDAYA DAN KEPEMIMPINAN

Authors

  • Muhammad Maksum Universitas Trunojoyo Madura
  • Hestina Indriyani Putri Universitas Trunojoyo Madura
  • Alfiyan Moh. Zaim Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i3.768

Keywords:

Dampak budaya, karakter kepemimpinan, Globe, Globalisasi, universal

Abstract

Materi ini membahas tentang penelitian yang menggambarkan budaya, dimensinya, dan dampak budaya pada proses kepemimpinan. Adapun metode penulisan kajian pustaka atau studi kepustakaan yaitu berisi teori teori yang relevan dengan masalah–masalah penelitian. Pada bagian ini dilakukan pengkajian mengenai konsep dan teori yang digunakan berdasarkan literatur yang tersedia, terutama dari artikel-artikel yang dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah. Temuan dari GLOBE bernilai karena mereka muncul dari desain penelitian kuantitatif yang dikembangkan dengan baik. Kesimpulan dari proyek ini membuat pernyataan utama tentang bagaimana budaya di seluruh dunia melihat kepemimpinan. Kekuatan lain adalah desain penelitian kuantitatifnya, suatu klasifikasi dimensi budaya yang diperluas, daftar dari karakter kepemimpinan yang diterima secara universal, dan kontribusi yang dibuat dari hal itu untuk pemahaman yang lebih kaya akan proses kepemimpinan. Di sisi negatif, kajian GLOBE tidak memberikan temuan yang membentuk teori tunggal tentang bagaimana budaya terkait dengan kepemimpinan.

References

Brahmasari, A., I, Siregar P. (2009). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Situasional dan Pola Komunikasi terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan pada PT. Central Proteinaprima Tbk. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(1).

Gumilar, G, Ratnasari, L., S, & Zulkifli. (2020). Komitmen Organisasional: Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah, Dan Kepuasan Kerja. Jurnal Dimensi, 9(1), 48-56.

Harbani, Pasolong. 2008. Kepemimpinan Birokrasi, Bandung : CV.Alfabeta.

Rizky, M. (2022). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi : Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja & Budaya Organisasi (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 290-301. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.832

Downloads

Published

2023-07-02

How to Cite

Muhammad Maksum, Hestina Indriyani Putri, & Alfiyan Moh. Zaim. (2023). BUDAYA DAN KEPEMIMPINAN. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(3), 86–102. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i3.768

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.