PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PEMBERIAN HADIAH PIRING KECAP SEDAAP PT. WINGS SURYA YANG TIDAK SESUAI

Authors

  • Betsy Jouva Putri Arisandi Fakultas Hukum Universitas pancasila
  • Marisa Laura Fakultas Hukum Universitas Pancasila
  • Fitriandini Fitriandini Fakultas Hukum Universitas Pancasila
  • Yool Fernando Fakultas Hukum Universitas Pancasila
  • Elisabeth Octaviani Fakultas Hukum Universitas Pancasila
  • Irgi Fahrezi Tampatty Fakultas Hukum Universitas Pancasila
  • Jones Junior Nathanael Fakultas Hukum Universitas Pancasila
  • Saddam Alfarizi Fakultas Hukum Universitas Pancasila
  • Muhammad Azhar Fakultas Hukum Universitas Pancasila
  • Silvana Fatimatul Zahra Fakultas Hukum Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.59581/jhsp-widyakarya.v1i3.614

Keywords:

konsumen, hak konsumen, pelaku usaha, hadiah tidak sesuai, pelanggaran

Abstract

Hadirnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen ini adalah sebagai upaya untuk memastikan kepastian hukum demi memberikan perlindungan kepada konsumen, sebab ada kalanya pelaku usaha melanggar kewajibannya sehingga hak-hak konsumen menjadi tidak terpenuhi, seperti yang terjadi dengan seorang konsumen yang tidak diberikan hadiah yang sesuai ketika membeli sebuah produk kecap sedaap di supermarket, di mana seharusnya ia mendapatkan hadiah piring keramik sebagaimana yang tertera di label produk kecap sedaap tersebut, tetapi ia justru diberikan hadiah piring kaca. Penelitian ini menganalisis terkait apakah konsumen tersebut termasuk yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, menganalisis terkait hak-hak konsumen dan kewajiban-kewajiban pelaku usaha yang dilanggar berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, menganalisis terkait pertanggungjawaban PT. Wings Surya atas dilanggarnya hak konsumen tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian hukum normatif dengan sumber data yang digunakan yaitu bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa konsumen yang dimaksud termasuk ke dalam konsumen dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan terdapat beberapa hak-hak konsumen dan kewajiban-kewajiban pelaku usaha yang dilanggar yang diatur, yaitu pada Pasal 4, Pasal 7, Pasal 8, Pasal 10, dan Pasal 13 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta PT. Wings Surya dapat diminta pertanggung jawabannya atas dilanggarnya hak konsumen karena di produk kecap sedaap tersebut terdapat logo dengan keterangan Wings Food yang berhadiahkan gratis piring keramik tersebut, yang mana Wings Food merupakan salah satu produk dari PT. Wings Surya.

References

Ahmadi Miru. (2004). Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahmad Miru, Sutarman Yudo. (2010). Hukum Perlindungan Konsumen: Cetakan 6. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Celina Tri Siwi Kristiyanti. (2011). Hukum Perlindungan Konsumen: Cetakan III. Jakarta: Sinar Grafika.

Philipus M Hadjon. (1987). Perlindungan Hukum Bagi Rakyat di Indonesia. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Soerjono Soekanto, Sri Mamuji. (2013). Penelitian Hukum Normatif: Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto Adi Nugroho. (2011). Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau Dari Hukum Acara Serta Kendala Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Yusuf Shofie. (2002). Pelaku Usaha, Konsumen, Dan Tindak Pidana Korporasi: Cetakan I. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jurnal:

Bambang Sugeng Ariadi, Zahry Vandawati Chumaida, Trisadini Prasastinah Usanti. (2021). “Pola Penyelesaian Sengketa Konsumen Pada Transaksi Elektronik”. Lex Journal: Kajian Hukum & Keadilan, Vol. 5 No. 2.

Lilik Pudjiastuti, Franky Butar-Butar. (2010). “Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Gugatan Kelompok”. Jurnal Yuridika, Vol. 25 No. 2.

Website:

Kompas. (2021). “Apa Yang Dimaksud Dengan Konsumen.” Dalam: https://money.kompas.com/read/2021/09/11/195821026/apa-yang-dimaksud-dengan-konsumen, diakses, 4 Juni 2023.

Peraturan Perundang-Undangan:

Indonesia. Undang Undang tentang Perlindungan Konsumen, UU No. 8 Tahun 1999.

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Betsy Jouva Putri Arisandi, Marisa Laura, Fitriandini Fitriandini, Yool Fernando, Elisabeth Octaviani, Irgi Fahrezi Tampatty, … Silvana Fatimatul Zahra. (2023). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PEMBERIAN HADIAH PIRING KECAP SEDAAP PT. WINGS SURYA YANG TIDAK SESUAI. Jurnal Hukum Dan Sosial Politik, 1(3), 214–230. https://doi.org/10.59581/jhsp-widyakarya.v1i3.614

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.