STUDI KEBIJAKAN-KEBIJAKAN SEKTOR MIGAS DIINDONESIA

Authors

  • Muhamad Kahfi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Edy Soesanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i4.682

Keywords:

Industri Migas, Kebijakan sektor migas

Abstract

kebijakan dalam sektor industri migas adalah seperangkat panduan, prinsip,atau peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah atau badan pengatur terkait untuk mengatur aktivitas di sektor migas. Kebijakan ini mencakup berbagai aspek,seperti ekplorasi, produksi, pengolahan, distribusi, dan penggunaan bahan bakar fosil. Tujuan dari kebijakan di sektor migas adalah untuk memastikan pengelolaan sumber daya energi yang efektif dan efisien, menjaga stabilitas pasokan dan harga, melindungi lingkungan, serta memastikan keamanan dan kesehatan pekerja di industri migas. Kebijakan juga dapat mencakup dukungan untuk inovasi teknologi dan pengembangan energi terbarukan untuk mengurangi ketergantungan pada1 [Universitas Bhayangkara Jakarta Raya,Fakultas Teknik,Teknik Perminyakan] bahan bakar fosil. Mengetahui sejarah perkembangan UU Migas di Indonesia, mengidentifikasi dan membahas aspek - aspek dalam kebijakan migas di Indonesia, menjelaskan perubahan yang terjadi dari zaman Hindia- Belanda hingga sekarang, Sebagai masukan bagi pemerintah Indonesia dalam penetapan kebijakan migas serta pengetahuan bagi masyarakat umum, memberikan masukan aspek - aspek penting yang harus dicakup dalam kebijakan migas Aspek penting dan menjadi dasar dalam pengelolaan sumber daya migas yaitu: Kepemilikan migas, Hak Pengelolaan,Kebijakan Fiskal,Kebijakan Ekspor-Impor, Kebijakan Administrasi, Kebijakan Pengembangan Wilayah dan Masyarakat dan Kebijakan Lingkungan

References

Daulay,R.M.,& Sulistyo,A.B. (2018).Kajian Pembangunan Migas di Indonesia dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (2018). Buku Putih Energi 2018: Menuju Indonesia Energi Yang Berdaulat,Mandiri dan Terjangkau.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2016). Kebijakan Pengelolaan Limbah B3 pada Sektor Migas.

Nasution, N.A., & Darussalam,D. (2018). Analisis Implementasi Kebijakan Pajak Migas dalam Peningkatan Penerimaan Negara.

Partowidagdo W. (2009). Migas dan Energi di Indonesia,. Development Studies Foundation.

SKK Migas. (2020). Laporan Tahunan SKK Migas 2020: Membangun Kemandirian Energi Indonesia.

Soerianegara,I., & Wicaksono, R. A. (2019). Kebijakan Subsidi BBM di Indonesia: Perspektif Ekonomi dan Lingkungan.

Yusuf,A.A., & Idris,M. (2020). Local Content Policy Implementation in the Oil and Gas Sector in Indonesia: Opportunities and Challenges.

[Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Fakultas Teknik, Teknik Perminyakan]

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Muhamad Kahfi, & Edy Soesanto. (2023). STUDI KEBIJAKAN-KEBIJAKAN SEKTOR MIGAS DIINDONESIA. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(4), 93–106. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i4.682