PENGARUH STRATEGI PENETRASI PASAR INTERNASIONAL PADA PERUSAHAANRITEL PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, TBK (ALFAMART) DI INDONESIA : STUDI KASUS PADA INDUSTRI PERDAGANGAN MODERN

Authors

  • Akbar Dwiansyah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Indonesia
  • Aldi Alfathur Rachman Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fauzi Muhammad Wasil Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Muhammad Julda Alhafiz Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Puput Vernanda Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tiara Putri Fadyanti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Jumawan Jumawan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Hadita Hadita Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i4.663

Keywords:

Strategi pasar internasional, perusahaan ritel, Alfamart, ekspansi geografis, diferensiasi produk, teknologi informasi, kemitraan pemasok lokal, pertumbuhan perusahaan, industri perdagangan modern

Abstract

Pengaruh strategi pasar internasional yang diadopsi oleh perusahaan ritel PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) di Indonesia. Dalam studi kasus ini, kami fokus pada industri perdagangan modern untuk menggambarkan bagaimana strategi pasar internasional berkontribusi terhadap pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan. Dari Hasil review mengenai penelitian ini  menunjukkan bahwa strategi pasar internasional yang diterapkan oleh Alfamart memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan perusahaan dan posisinya di pasar ritel Indonesia. Beberapa strategi yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain ekspansi geografis, diferensiasi produk, penggunaan teknologi informasi, dan kemitraan dengan pemasok lokal. Dan kami juga  menemukan bahwa ekspansi geografis menjadi salah satu faktor kunci dalam strategi pasar internasional Alfamart. Dengan membuka toko-toko baru di berbagai daerah di Indonesia, Alfamart berhasil mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas dan meningkatkan kehadirannya di tingkat nasional. Selain itu, diferensiasi produk dan penggunaan teknologi informasi telah membantu Alfamart menarik pelanggan dengan menyediakan produk yang beragam dan meningkatkan efisiensi operasional.Selain itu, kemitraan dengan pemasok lokal juga terbukti berhasil dalam strategi pasar internasional Alfamart. Dengan bekerja sama dengan pemasok lokal, Alfamart dapat menawarkan produk-produk lokal yang relevan dengan preferensi pelanggan di masing-masing daerah. Hal ini tidak hanya meningkatkan hubungan dengan pemasok lokal, tetapi juga memberikan keuntungan kompetitif bagi Alfamart dalam menghadapi pesaing di pasar ritel.Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pasar internasional memiliki dampak positif yang signifikan pada pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan ritel seperti Alfamart. Dalam konteks industri perdagangan modern di Indonesia, strategi tersebut dapat meningkatkan kehadiran pasar, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan ritel lainnya juga dapat mengadopsi strategi serupa untuk mencapai keberhasilan di pasar internasional.

References

Asmianti, S., Nangoi, G., & Warongan, J. (2019). Analisis Penyebab Kerugian Pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Manado. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING GOODWILL, 10(1), 14–24.

Azidin, N. (2019). PERSAINGAN BISNIS ANTARA RITEL MODERN DAN RITEL TRADISIONAL (Studi Kasus Alfamart dan Indomaret Terhadap Toko Kecil di Sekitarnya Desa Sido Mukti, Gedung Aji Baru, Tulang Bawang).

Harini, C., & Yulianeu. (2018). Strategi penetrasi pasar UMKM Kota Semarang menghadapi era pasar global MEA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 361–381.

Kuwat, R. (2013). STRATEGI PEMASARAN RITEL DI INDONESIA. Jurnal Inkubator Bisnis & Manjemen, 2(2). http://republika.co.id/koran_detail.asp

Parnadi, F., & Loisa, R. (2018). ANALISIS DAYA SAING EKSPOR KOPI INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 02(4), 52–61.

Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 213–223. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853

Sarie, R. F. (2018). Analisis Pengaruh Keberagaman Produk, Persepsi Harga, Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Hypermartket Pakuwon Supermall Di Surabaya. Jurnal Relasi, XIV(02).

Utami, N. S. (2018). ANALISA KINERJA SEKTOR RITEL INDONESIA. ECOPRENEUR, 1(1), 43–48. www.republika.com

I. Sudarwati, “Analisis Strategi Pemasaran Bisnis Retail Di Lottemart Surakarta,” J. Paradig. Univ. Islam Batik Surakarta, vol. 12, no. 02, p. 115518, 2015.

F. Lengkong, J. Sepang, and J. Tulung, “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Eceran (Retail Marketing Mix) Yang Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perusahaan Matahari Dept. Store Mtc Manado),” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 5, no. 3, pp. 4385–4394, 2017.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Akbar Dwiansyah, Aldi Alfathur Rachman, Fauzi Muhammad Wasil, Muhammad Julda Alhafiz, Puput Vernanda, Tiara Putri Fadyanti, … Hadita Hadita. (2023). PENGARUH STRATEGI PENETRASI PASAR INTERNASIONAL PADA PERUSAHAANRITEL PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, TBK (ALFAMART) DI INDONESIA : STUDI KASUS PADA INDUSTRI PERDAGANGAN MODERN. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(4), 78–92. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i4.663

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.