Peranan Merek (Labeling) Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Instan Jahe UMKM Desa Enu Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala

Authors

  • Wayan Ayu Diana Lestari Universitas Tadulako
  • Jurana Jurana Universitas Tadulako
  • Nur Riski Islianty Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i2.63

Keywords:

UMKM, Labeling, Mangrove Enu

Abstract

Penulis menyumbangkan sedikit usaha dan pemikiran untuk membantu usaha kecil bertahan dan tumbuh dalam segala situasi. UMKM Desa Magrove enu, jahe instan merupakan produk makanan dalam bentuk bubuk, minuman jahe instan digunakan untuk menciptakan produk yang hemat dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena sangat mudah disajikan dan bisa juga diminum untuk orang tua, muda atau bahkan anak kecil. penulis berusaha memberikan solusi dan inovasi untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan produk UMKM Magrove di era teknologi yang berkembang. Penulis mencoba membuat label baru untuk UKM jahe instan. . Dengan label yang menarik dapat meningkatkan minat konsumen. Konsumen lebih tertarik dengan label daripada produk yang tidak memiliki label. Label mampu menjadi identitas dan akan masuk dalam ingatan konsumen, hal ini sangat mempengaruhi konsumen jika konsumen berniat untuk membeli kembali.

References

Ananta Fauzi, R., dan Ula. (2022). Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 50–59.

Dewi, E. K., Hayati, D., Ananda, N., & Rini, M. W. program kegiatan pengabdian masyarakat melalui pembuatan logo dan pelabelan produk sebagai bentuk promosi penjualan produk minuman tradisional di U. (2022). Making Product Logo and Labeling As Sales Promotion on MSME Traditional Drink “MF” Jakarta Selatan. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 302–306.

Herudiansyah, Gumar, Mster Candra dan Rizal Pahlevi. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 84–89.

Kimber, Louw. (2017). Pengaruh Pengemasan dan Pelabelan Pada Produk Makanan Khas Daerah Pekalongan. Jurnal bisnis dan manajemen, 17 (1), 1-10.

L. D. K. (2022). Pendampingan Umkm Penjaual Kripik Kremes Dan Wingko Untuk Meningkatkan Penjualan Melalui Merk, Label Dan Kemasan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 5–9..

Muljani, N., Arini, Suhartatik, A., Lindawati, T., & Nagel, P. J. F. (2020). Pentingnya merek dan kemasan untuk meningkatkan daya saing produk dari usaha mikro dan kecil. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 53–65.

Rodriguez. (2018). Inovasi Kemasan atau pengemasan Potensi Kembangkan Produk Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 52 (11), 54-67.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Wayan Ayu Diana Lestari, Jurana Jurana, & Nur Riski Islianty. (2023). Peranan Merek (Labeling) Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Instan Jahe UMKM Desa Enu Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i2.63

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.