UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS III SDN III BLULUK

Authors

  • Angelina Dea Miranda Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i3.494

Keywords:

Model pembelajaran CTL, Hasil belajar, Matematika

Abstract

Penelitian yang berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning pada Siswa Kelas III SD Negeri III Bluluk” bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui model pembelajaran contextual teaching learning pada siswa kelas III SD Negeri III Bluluk. Penelitian ini disusun melalui metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara, dan tes. Dengan tindakan yang dilakukan oleh peneliti menggunakan model CTL, pada siklus 1 rata-rata nilai adalah 57,9. Kemudian peneliti melakukan perbaikan pada siklus 2, dan diperoleh rata-rata nilai 82. Dapat disimpulkan bahwa peneliti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan siswa kelas III SD Negeri III Bluluk..

 

References

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Ina Magdalena, d. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi dan Sains, 133-139.

Nuraeni, I. (2018). Implementasi Contextual Teaching Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi.

Prihandoko, A. C. (2005). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikan dengan Menarik. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Wicaksono, A. B. (n.d.). Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Hitung.

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

Angelina Dea Miranda, & Agung Setyawan. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS III SDN III BLULUK. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(3), 76–92. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i3.494