Analisis Peran Unit Apron Movement Control Dalam Pengawasan Pergerakan Kendaraan Di Sisi Udara Untuk Meningkatkan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya

Authors

  • Ika Oktavia Barnaningrum Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Rahimudin Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i5.1158

Keywords:

Apron Movement Control, Pengawasan pergerakan kendaraan

Abstract

Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya merupakan bandara tempat dilaksanakan penelitian ini. Sisi udara merupakan bagian vital yang harus terus mendapatkan pengawasan untuk setiap pergerakan kendaraan yang beroperasi di sisi udara agar berjalan dengan lancar untuk meningkatkan keselamatan penerbangan. Pengawasan ini merupakan tugas dari petugas Apron Movement Control (AMC). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui unit Apron Movement Control dalam pengawasan pergerakan kendaraan di sisi udara, serta pelanggaran apa yang sering terjadi dan sanksi apa yang diberikan terhadap pelanggaran pengguna kendaraan di sisi udara, dan kendala yang pernah dihadapi dalam melakukan tugas pengawasan pergerakan kendaraan di sisi udara.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dikarenakan peneliti melakukan observasi secara langsung. Dimana peneliti ini meneliti analisis peran unit Apron Movement Control Dalam Pengawasan Pergerakan Kendaraan Di Sisi Udara Untuk Meningkatkan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dengan tiga marasumber petugas Apron Movement Control dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap pergerakan kendaraan di sisi udara untuk meningkatkan keselamatan penerbangan oleh petugas AMC sudah cukup baik, dengan mengikuti SOP yang sudah ditetapkan serta melakukan peneguran dan penindakan tegas bagi setiap pengguna kendaraan yang beroperasi di sisi udara yang melanggar aturan. Namun dalam hal ini tidak adanya CCTV yang mengarah langsung ke sisi udara sehingga dapat di pantau langsung dari ruangan AMC untuk melihat pergerakan kendaraan di sisi udara secara langsung masih menjadi kendala yang sampai saat ini masih dihadapi oleh petugas AMC.

References

Annex 14. 1951. ICAO (International Civil Aviation Organization tentang Aerodrome.

Astria, Sindy. (2021). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja terhadap kinerja karyawan PT. Angkasa Pura II di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

BR GINTING, F. J. (2019). Analisi kinerja unit Apron Movement Control (AMC) terhadap pengawasan kedisiplinan petugas apron di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Djaelani, A. R. (2013). Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 20(1), 82-92.

Hermawan, I. G. N. W., & Widyastuti, D. D. (2021). Peranan Apron Movement Control dalam melayani pergerakkan pesawat udara melayani pergerakan pesawat udara charter di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma. Jurnal Mitra Manajemen, 12(1), 61-70.

Moleong, Lexy J. (2016). No Title Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

REZON, D .(2021). Peran pengawasan Apron Movement Control terhadap personel Ground Support Equipment di apron Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya. (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).

Safitri, A. R .(2021). Analisis pelaksanaan pengawasan personel Apron Movement Control (AMC) terhadap kinerja operator Ground Service di airside Bandar Udara Internasional di Soemarmo Surakarta. Jurnal Penelitian, 6(3), 227-236.

Sarwoto. (2010). Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Saputra, L. (2018, januari 27). Regulasi pergerakan di sisi udara. Air Side.

Setyawati, Aswanti, and Fransiskus Kresna Aristiyanto. (2021). Kajian pengawasan apron oleh Apron Movement Control (AMC) dalam pengawasan meningkatkan kedisplinan di apron PT. Angkasa Pura I (PERSERO) Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta Tahun 2019. Jurnal Transportasi, Logistik, dan Aviasi 1.1 (2021): 1-13.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Tangerangonline.id/2017/03/28/mobil amc vs gapura angkasa tabrakan di apron bandara soetta/ (diakses pada tanggal 16 September 2022 pukul 00.55)

Pamungkas, Raihan, Aulia Regia SP, and Bahri Ramadhan. (2019). Kajian Pengawasan Personil Apron Movement Control (AMC) Terhadap Ground Support Equipment (GSE) Di Apron Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan). Vol. 3. No. 3.

Wardani, Kiki Kusuma. (2022). Kajian pengawasan petugas Apron Movement Control (AMC) terhadap petugas Ground Handling pada ketertiban penggunaan Ground Support Equipment (GSE) di area apron Bandar Udara Kalimaru.

Wicaksono, A., & Kusuma, N. M. P. (2022). Analisis Pencegahan terhadap Bahaya Hewan Liar untuk Meningkatkan Keselamatan Penerbangan di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya. (Wildlife Hazard Management). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3148-3157.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Ika Oktavia Barnaningrum, & Rahimudin. (2023). Analisis Peran Unit Apron Movement Control Dalam Pengawasan Pergerakan Kendaraan Di Sisi Udara Untuk Meningkatkan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya . Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(5), 112–118. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i5.1158