Analisis Kinerja Personil Apron Movement Control Dalam Meningkatkan Keselamatan Penerbangan Kualanamu Medan

Authors

  • Wiliam Kalep Barimbing Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Yunus Purnama Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i5.1137

Keywords:

Kendala Kinerja Personil Apron Movement Control, Keselamatan Penerbangan, Kinerja Personil Apron Movement Control

Abstract

Apron Movement Control  adalah unit yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi semua kegiatan di apron mulai dari penempatan pesawat (parking), mengawasi proses pengisian bahan bakar untuk pesawat, mengawasi proses bongkar muat barang di pesawat, manuver kendaraan di apron, menertibkan staf yang bekerja di darat (apron) dan memberikan perizinan kendaraan yang beroperasi di apron. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono (2019) metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisa data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Penggunaan pendekatan kualitatif ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran terhadap analisis kinerja unit Apron Movement Control Dalam Meningkatkan Keselamatan Di Bandar Udara Internasional. Penelitian ini berjudul Analisis Kinerja Personil Apron Movement Control Dalam Meningkatkan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan yang telah dilaksanakan pada tanggal 03 Agustus – 03 Oktober 2022 di Unit AMC (Apron Movement Control) Bandar Udara Internasional Kuanalamu Medan. Seperti yang kita ketahui keselamatan penerbangan sangat penting di tingkatkan, agar seluruh pergerakan di sisi udara terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Sesuai dengan permasalahan yang sebelumnya hasil penelitian ini merupakan hasil observasi yang dilakukan secara langsung oleh peneliti terhadap kinerja personil di unit AMC (Apron Movement Control) Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan.

References

Amri, B. N. 2022. Peiran Unit Apron Moveimeint Control (AMC) Dalam Meinjamin Keiseilamatan Peineirbangan Di Bandar Udara Inteirnasional Sultan Hasanuddin Makassar. Jurnal Publikasi Eikonomi Dan Akuntansi

Arikunto, S 2018. Meitodei Dokumeintasi untuk meimpeiroleih data dan informasi, 6(1), 122-138

Akbar, S. 2018. Analisa Faktor-faktor yang meimpeingaruhi kineirja karyawan. Jiaganis, 3(1).

Data Dinas Airsidei Opeiration Bandar Udara Inteirnasional Kulanamu Meidan

Deiwi, A. D. 2019. Peingaruh Peilatihan dan Motivasi Keirja Teirhadap Kineirja

Karyawan Peirusahaan Daeirah Pasar Surya Surabaya (Univeirsitas Muhammadiyah Surabaya)

Deiwantari, M. 2022. Analisis Kineirja Peitugas Apron Moveimeint Control (AMC)

dalam Peinanganan Foreiign Objeict Deibris (FOD) di Bandar Udara Trunojoyo Sumeineip. Jurnal Keiwarganeigaraan, 6(2).diyah Pringseiwu).

Eikotama. 2015. SOP seibagai landasan seirta peidoman dalam meinjalankan tugas seirta meinjadi alat ukur kineirja karyawan, 1(3).

Eirnawan, Y. dan N. Wahidin. 2017. Peingaruh Kompeiteinsi, Motivasi Dan Jiwa

Intrapreineiurship Teirhadap Kineirja Karyawan (Peineilitian Pada Karyawan Seinior Staff PT. Indo-Rama Syntheitics Tbk Divisi Polyeisteir). Eiqiein-Jurnal Eikonomi dan Bisnis, 4(1), 26-40.Jackson, Mathias. 2017. Faktor-faktor yang meimpeingaruhi kineirja, 330(1-2), 221-234.

Fatahillah. 2020. Bandar Udara Kualanamu Meidan Badan Usaha Milik Neigara (BUMN)

Iskandar, D. dan W. Yusnandar. (2021, August). Peiranan Kineirja Karyawan:

Beirpeingaruh Motivasi dan Lingkungan Keirja. In Seiminar Nasional Teiknologi Eidukasi Sosial Dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 99-110).

Lusiana, L. 2020. Peingaruh Beiban Keirja Teirhadap Kineirja Karyawan Pada Btm

Amanah Bina Insan Bangunreijo Tahun 2019 ( Univeirsitas Muhammadiyah Pringseiwu).

Moleiong. 2016. Meitodei Peilitian Kuatitatif Dan Kualitatif.

Mustopo. 2016. Keiseilamatan dan peirsyaratan peineirbangan, 3(2).

Olin, Ei. dan I. Meiilani. 2022. Analisis Jobdeisk Unit Apron Moveimeint Control

(AMC) Guna Meiningkatkan Keiseilamatan Air Sidei Di I Gusti Ngurah Rai Inteirnational Airport Bali. Jurnal Keiwarganeigaraan, 6(1), 1174-1182.

PT Angkasa Pura II. 2019. Profil Bandar Udara Inteirnasional Kualanamu Meidan.

Pratama, O. S. dan M. M. Sukma 2020. Optimalisasi Kineirja Peirsonil

Unit Apron Moveimeint Control (AMC) Teirhadap Peingopeirasian Keindaraan Di Sisi Udara Pt Angkasa Pura I Bandar Udara Inteirnasional Adi Soeimarmo Surakarta. In Prosiding Snitp (Seiminar Nasional Inovasi Teiknologi Peineirbangan) (Vol. 4).

Sartono, Ardhani. 2016. Peirtimbangan keibutuhan dan karateiristik teirminal, 8(2).

SOP Apron Moveimeint Control PT Angkasa Pura II (2020)

Sari, A. 2015. Proseidur keirja dan rincian keirja karyawan dalam meilaksanakan seisuai deingan visi misi suatu leimbaga instansi 12(1), 87-96.

Santoso, 2015. SOP Meimiliki Makna Yang beirbeida seisuai deingan kriteiria dan konteiksnya, 3(5).

Supriyadi. 2018. Indikator - Indikator keiseilamatan keirja, 8(2), 1-9.

Suprapti, 2022. Analisis Kineirja Peitugas Apron Moveimeint Control (AMC)dalam meiningkatkan keiseilamatan peineirbangan di Bandara Udara Inteirnasional Adi Soeimarmo Solo. Jurnal akuntansi, Eikonomi dan manajeimein bisnis, 2(2), 190- 197.

Saputra, 2022. Analisis Kineirja Peitugas Apron Moveimeint Control (AMC) Dalam Peingawasan Teirhadap Keiteirtiban Ground Support Eiquipmeint (GSEi) di Areia Apron Pada Bandar Udara Inteirnasional Adi Soeimarmo Solo. Formosa Journal of Sustainablei Reiseiarch, 1(4), 555-566.

Sodikin. 2017. Kineirja Peitugas Apron Moveimeint Control pada Bandar Udara Inteirnasional Soeikarno-Hatta. Jurnal Manajeimein Bisnis Transportasi dan Logistik, 3(3), 367-372.

Sugiyono, 2019. Meitodei Peineilitian Peindidikan Peindeikatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Silaein, N. R., S. Syamsuriansyah, R. Chairunnisah, R. M. Sari, Ei. Mahriani, R.

Tanjung, dan S. Putra. 2021. Kineirja Karyawan.

Suhada, A.S.T., A. Seitiawan, dan S. Hariyadi. 2020. Analisis

Kineirja Peirsoneil Unit Apron Moveimeint Control (Amc) Teirhadap Keiteirtiban Peiralatan Ground Support Eiquipmeint (Gsei) Di Apron Pt Angkasa Pura I (Peirseiro) Bandar Udara Inteirnasional Jeindeiral Ahmad Yani Seimarang. In Prosiding Snitp (Seiminar Nasional Inovasi Teiknologi Peineirbangan) (Vol. 4)

Utami, 2018. Kajian Peilaksanaan Tugas Dan Fungsi Apron Moveimeint Control (AMC) di Bandar Udara Inteirnasional Soeikarno–Hatta Ceingkareing teirhadap Kompeiteinsi Lulusan Opeirasi Bandar Udara (Obu) Seikolah Tinggi Peineirbangan Indoneisia. Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 11(1), 1-8.

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 teintang Peineirbangan

Wicaksono, K. F. dan F. R. Hilal. 2023. Analisis Kineirja Peitugas Apron

Moveimeint Control Dalam Meiningkatkan Keiseilamatan Peineirbangan di Apron Bandar Udara Abdul Rachman Saleih Malang. Reislaj: Reiligion Eiducation Social Laa Roiba Journal, 5(2), 594.

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Wiliam Kalep Barimbing, & Yunus Purnama. (2023). Analisis Kinerja Personil Apron Movement Control Dalam Meningkatkan Keselamatan Penerbangan Kualanamu Medan . Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(5), 34–45. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i5.1137

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.