Faktor Penyebab Narkoba Dilingkungan Lembaga Pemasyarakatan

Authors

  • Zainudin Basan
  • Imam Riyadi Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung
  • Mirtha Tirta Praharani Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung
  • Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung
  • Kalfin Febrian Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.59581/jhsp-widyakarya.v1i3.366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan narkoba di lingkungan lapas, Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lapas adalah faktor internal, seperti adanya kecenderungan untuk mencoba-coba narkoba sebelum masuk penjara, dan faktor eksternal, seperti mudahnya mendapatkan narkoba di dalam Lapas dan adanya tekanan dari sesama narapidana. Selain itu, faktor lingkungan seperti kondisi kelebihan kapasitas Lapas dan kurangnya pengawasan oleh petugas Lapas juga mempengaruhi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Lapas. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pihak Lapas untuk meningkatkan pengawasan terhadap penghuni Lapas, termasuk pencegahan masuknya narkoba ke dalam Lapas dan memberikan pendampingan serta rehabilitasi bagi penghuni Lapas yang sudah terjerat penyalahgunaan narkoba. Selain itu, diperlukan peningkatan kapasitas Lapas sehingga dapat menampung jumlah narapidana sesuai dengan kapasitasnya, serta peningkatan kualitas pengawasan dan pelayanan petugas Lapas.

References

Bawono, Joshua Gilbert. "Upaya Lembaga Pemasyarakatan Dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika Oleh Narapidana Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan." Lex Et Societatis 8.4 (2020).

Narindrani, Fuzi. "Sistem Hukum Pencegahan Peredaran Narkotika Di Lembaga Pemasyarakatan (Studi Kasus Di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang)." Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional 6.1 (2017): 111-123.

Situmorang, V. H. 2019. Lembaga Pemasyarakatan sebagai Bagian dari Penegakan Hukum. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 13(1), 85-98.

Wirmyati, Ni Luh Novi, and I. Nyoman Gede Remaja. "penanggulangan peredaran narkotika di Lembaga Pemasyarakatan kelas IIb Singaraja." Kertha Widya 6.2 (2018).

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Narkotika

Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan

Peraturan Perundang-Undangan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Narkotika Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan Peraturan Menteri Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah tahanan

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Zainudin Basan, Imam Riyadi, Mirtha Tirta Praharani, Fakultas Hukum Universitas Bandar Lampung, & Kalfin Febrian. (2023). Faktor Penyebab Narkoba Dilingkungan Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Hukum Dan Sosial Politik, 1(3), 01–09. https://doi.org/10.59581/jhsp-widyakarya.v1i3.366